Masak pertama kali (Gosong ?)

Tuesday, April 21, 2009

Sebenarnya bukan yang pertama kali dalam hidup misbah, tapi memang yang pertama kali masak di kosan yang sekarang. Dan untuk percobaan pertama, bisa dikatakan kurang berhasil, ya walaupun tidak layak untuk dikatakan gagal. Kenapa begitu, karena pada beberapa bagian berhasil dengan baik, tapi pada salah satu bagiannya "sedikit" gagal :). Bagian tersebut adalah memasak nasi, masak nasinya gosong (ya walaupun tidak gosong semua :D )

Jadi begini awal mulanya.....
Berawal dari masak air untuk membuat susu, airnya sengaja tidak banyak, agar masaknya cepat panas. Setelah kompor dihidupkan, misbah langsung beraktifitas didepan komputer, teman satu kontrakan juga pada sibuk dengan urusan mereka masing-masing. Tanpa sadar, misbah lupa kalau sedang masak air, sehingga panci yang misbah gunakan untuk memasak air meleleh terkena panasnya api, Alhamdulillah tidak terjadi kebakaran. Misbah tersadar ketika kalim memberitahu kalau ternyata pancinya meleleh, sebenarnya kalim sudah mendengar bunyi seperti benda keras yang mau retak, tapi tidak tau dimana sumbernya, misbah pun mencium bau tidak enak, tapi misbah menyangka itu adalah bau yang berasal dari depan rumah, sehingga misbah menutup pintunya.
Misbah baru tersadar ketika kalim mengatakan (tepatnya memberikan tanda) kalau terjadi sesuatu yang buruk, yaitu pancinya rusak.

Akhirnya setelah kejadian itu, misbah berencana mengganti panci yang rusak. Malam harinya misbah dan kalim pergi ke sardo untuk menbeli panci baru, dan akhirnya kalim dan misbah membeli penggorengan (baca:wajan) beserta sutil (sutil bahasa indonesia bukan ya?). Keesokan harinya kalim belanja, mulai dari minyak goreng, bawang merah, bawang putih, tomat, lombok. Dan paginya misbah beserta kalim belanja lagi untuk beli lauk dan beras.

Setelah perlengkapan masak tersedia (ya walaupun dengan segala keterbatasannya) misbah dan kalim memulai acara memasak. Dengan dimulai memasak mie goreng (ya monggo kalau mau dikatakan itu hal yg mudah :D ), kalim masih sibuk mengupas bawang dan mengiris lombok beserta tomat. Misbah melanjutkannya dengan memasak telor ceplok (monggo klo modikatan ini juga mudah :D ), setelah itu kalim memotong kecil2 ikan yang dipindang, dan menggorengnya beserta bumbu2 yang telah diiris2 sebelumnya, setelah itu menggoreng tempe, semuanya masih berjalan sesuai rencana, hingga pada akhirnya memasak nasi (ini adalah bagian tersulit bagi kami, karena ini baru pertama kali dilakukan tanpa ditemani orang yang berpengalaman memasak nasi dengan kompor tanpa menggunakan panci kukus). Akhirnya sesuai dengan perkiraan kami, nasi gosong, misbah lupa untuk menyeting kompor dengan api kecil, sehingga nasi gosong dalam sekejab, untung saja kalim menyadari hal itu, dan akhirnya memberitahukannya pada misbah, karena misbah tau (baca:memperkirakan) kalau nasi belum masak, maka misbah menambahkan air, dan mengaduk nasi tersebut (dengan harapan nasinya akan baik2 saja :D ). Setelah beberapa waktu nasinya masak, yah walaupun warnanya kecoklat-coklatan, tapi Alhamdulillah masih berasa nasi :D . Akhirnya nasi itu misbah santap beserta lauk yang dibuat oleh kalim, dan ternyata lauk yang dimasak kalim luar biasa (cocok dengan lidah misbah yang suka pedas :) ). Setelah misbah makan siang (karena menu untuk sarapan pagi adalah, mie instan dan telor ceplok), nasi yang masih ada dimakan oleh kalim, dan Alhamdulillah kalim juga suka (ya kalau bisa dikatakan tidak menolak nasi yang misbah masak :) ).

Yah itulah pengalaman pertama misbah... dan karena mengalami kegagalan kecil maka misbah menceritakan kejadian ini pada orang rumah (baca: mbak di jember) dan akhirnya orang rumah telepon ngasih saran ini dan itu, semoga project (baca: masak) selanjutnya akan berjalan lancar.

(Doakan ya... :D )

7 comments:

dedi kecil April 24, 2009 1:13 PM  

Hahahaha.... :D
Asik ketoke..

wempi May 24, 2009 2:26 PM  

wempi dulu, cuma bisa masak air, itu air sampe hangus kering kerontang, hingga bapak kost marah-marah :D

RahMaNieZt June 01, 2009 9:56 PM  

Huahahahah :D
saia baru tahu bahwa baik mas mis maupun taslim g bisa masak nasi pake kompor biasa..
yey! Kemenangan ada padaku!
Setidakx saia bisa masak nasi scr 'biasa' alias g pake magic com
huohoho..eh sek to,g perlu seseneng ini pan???

Kangen ngomen blogmuh mas..jd 'agak' panjang..huagagagaga :D

misbah June 02, 2009 3:09 AM  

eit, jangan salah, rahma masaknya pake apa? pakek kompor yang ada saringannya terus di bawahnya ada airnya nggak? Klo itu mah biasa...
Ini ceritanya misbah pake panci biasa... (nah disitu tantangannya).

RahMaNieZt June 02, 2009 5:24 PM  

Pake panci biasa pan? Heeh... Cuma pake panci ma air doank...sukses kok,pas kemping sering,itu se tergantg kesabaran ma kekuatan ngadukx ;D
yah semangat mas! Mg yg beriktx sukses! Salam bwt taslim ma ank2 kontrakan yg kenal aq :)

misbah June 03, 2009 4:24 PM  

dari judulnya kan yang pertama kali ma...
klo yg kedua, ketiga, dll... udah tidak kejadian lagi
dan emang bener kok.. kesabaran kita utk mengaduknya...

RahMaNieZt June 04, 2009 4:06 AM  

Hahahaha.. Mastered by experience ceritax? :D dah percobaan yg keberapa yg terakhir kali?

yosh...lanjutkan perjuangan muh mas!! :D ganbatte!

About This Blog

Blog ini berisikan semua tulisan, baik dari misbah atau dari sumber lain. Isinya segala hal yang ingin diinfokan kepada teman-teman yang lain.
Selamat menikmati, dan terimakasih telah berkunjung ke blog misbah.

Recent Posts

  © Blogger template Cumulus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP